Ternyata Hacker dan Cracker itu BEDA

- Wednesday, April 12, 2017
Ternyata Hacker dan Cracker itu BEDA - Mungkin bagi orang awam masih menganggap bahwa Hacker dan Cracker itu sama dan bahkan ada yang menganggap Hacker lebih kejam dari pada Cracker, nah di artikel kali ini RIZKY TEKNOLOGI akan meluruskan hal hal itu. Berikut penjelasannya.


Duh, jaman sekarang banyak banget hacker yang membobol bank.... What hacker macam apa itu, memang ada sih hacker yang jahat tapi untuk masalah itu biasanya bukan hacker yang melakukan tapi cracker. Umumnya hacker hanya melakukan penelitian atau pengujian terhadap suatu sistem untuk di perbaiki celah keamanannya. Lain dengan cracker biasanya mereka melakukan pembobolan suatu sistem untuk mendapatkan apa yang mereka mau.

Baik dari pada kita berspekulasi tentang perbedaan arti maupun apa yang mereka lakukan langsung saja saya jelaskan satu satu.

HACKER

menurut wikipedia arti dari hacker atau peretas adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.

Hacker memiliki konotasi negatif karena kesalahpahaman masyarakat akan perbedaan istilah tentang hacker dan cracker. Banyak orang memahami bahwa hackerlah yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu seperti mengubah tampilan suatu situs web (defacing), menyisipkan kode-kode virus, dan lain-lain, padahal mereka adalah crackerCracker-lah menggunakan celah-celah keamanan yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak (bug) untuk menyusup dan merusak suatu sistem. Atas alasan ini biasanya para hacker dipahami dibagi menjadi dua golongan: White Hat Hackers, yakni hacker yang sebenarnya dan cracker yang sering disebut dengan istilah Black Hat Hackers.

CRACKER

Cracker sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya     melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan.
Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem.

Hayo.. masih bingung atau sudah paham perbedaannya?
Jadi intinya begini menurut saya hacker adalah seseorang atau sekelompok orang yang melakukan kegiatan pemrograman yang bertujuan untuk memperbaiki, menganalisa, bahkan memodifikasi celah celah atau bug pada suatu sistem, dan hacker di bagi menjadi dua yaitu White Hat yang berarti positif dan Black Hat berarti Negatif.

Sementara Cracker menurut saya adalah sebutan bagi seorang yang mampu menggunakan kemampuan pemrograman untuk melakukan kegiatan melawan keamanan sistem. Contohnya, Membuat VIRUS untuk mencuri data, menghapus data, bahkan memodifikasi data.

Nah, Sudah paham kan ? Sudah ya !
Bagus, berarti dapet wawasan baru lagi nih dan mudah mudahan artikel ini dapat bermanfaat. Kira kira anda punya bakat apa ya di bidang Teknologi ini, silahkan anda gali lebih dalam potensi bakat anda.

Jadi jangan salah lagi ya mengenai Hacker dan Cracker, karena setelah anda membaca artikel ini saya berharap anda bukan orang yang awam lagi tentang perbedaan hacker dan cracker.

Ok cukup sekian artikel ini ya kawan kawan, Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel ini.
advertise here
 

Start typing and press Enter to search